Pages

Jumat, 22 November 2013

tips membuat novel

   SATU
       Latih terus kemampuan menulis novel Anda. Jangan pernah berhenti menulis novel. Sebab menulis itu seperti  berenang. Semakin tinggi “jam terbang Anda”, maka keahlian Anda akan semakin baik. Pepatah mengatakan, “Ala bisa karena biasa.”
Ya, Anda harus biasa dulu untuk bisa menulis novel yang bagus dan menarik. Anda harus biasa dulu untuk tahu cara cepat membuat novel. Anda harus biasa dulu untuk tahu cara mudah membuat novel yang bagus dan menarik.

    DUA
       Banyak-banyaklah membaca novel-novel berkualitas. Tubuh Anda ini seperti mesin produksi, bahan mentahnya adalah bacaan Anda, dan produk yang dihasilkan adalah tulisan. Artinya, kegiatan membaca bagi seorang penulis novel sangatlah penting. Tulisan Anda akan diwarnai oleh bacaan yang Anda lahap. Bila Anda rajin membaca novel cinta maka Anda akan mudah dan tahu cara menulis novel cinta.
Bila Anda sering membaca novel misteri, maka Anda akan mudah dan tahu cara menulis novel misteri.
Bila Anda sering membaca novel horor. maka Anda akan mudah dan tahu cara membuat novel horor.
Bila Anda sering membaca novel anak. maka Anda akan mudah dan tahu cara membuat novel anak.
Bila Anda sering membaca novel islami. maka Anda akan mudah dan tahu cara menulis novel islami.
Demikian seterusnya dan seterusnya….
Bila Anda ingin membuat novel yang bagus dan menarik seperti “Laskar Pelangi” misalnya, maka sering-seringlah membaca novel yang kualitasnya seperti itu. Bila Anda rajin membaca novel best seller dan menarik, Maka Anda akan ketularan! Anda akan tahu bagaimana cara menulis novel best seller dan menarik.
Tips yang saya sampaikan di atas mungkin terkesan sangat sederhana bagi Anda. Mungkin Anda berkata dalam hati, “Ah, kalau tips menulis novel seperti ini mah, saya sering dengar. Apa tidak ada tips menulis novel yang lain?”
Anda mungkin tidak percaya?
Saya ingin kasih tahu, tips menulis novel di atas memang terkesan sangat sederhana, tapi untuk tahu cara membuat novel yang bagus, menarik dan bahkan best seller, tipsnya hanya sesederhana itu. Titik, tidak pake koma.
Tips yang pertama, memang terkesan sangat sederhana. Namun bila tips menulis novel itu Anda praktekkan sungguh-sungguh, Anda akan menemukan teknik menulis novel best seller yang baik dan benar. Sebab setiap kebiasaan baik, selalu menghasilkan kualitas yang baik pula.
Betul, ga?
Tips yang kedua juga terkesan sangat sederhana. Namun bila tips menulis novel itu Anda praktekkan sungguh-sungguh, Anda akan menemukan teknik membuat novel best seller yang menarik. Sebab setiap yang baik itu selalu menular.
Apakah Anda Sepakat?
Penulis novel best seller lain juga melakukan itu, termasuk Andrea Hirata. Dia sangat suka membaca novel yang baik dan menarik. Ia memiliki banyak koleksi bacaan berkualitas sehingga ia jadi ketularan.

Selamat mencoba....

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini

Blogroll

About